Belajar langsung ke Pabrik Mie Burung Dara (PT. Surya Pratista Hutama) - SMK NEGERI 1 BANGIL

Belajar langsung ke Pabrik Mie Burung Dara (PT. Surya Pratista Hutama)




SMK Negeri 1 Bangil sebagai sekolah kejuruan dengan kelompok keahlian rekayasa dan teknologi selalu menjalin kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri. Dewasa ini dengan seiringnya perkembangan teknologi, lulusan mekatronika kian diminiati oleh dunia industri. Tak dapat dipungkiri lagi bahwa semua proses yang ada di industri saat ini hampir seluruhnya menggunakan teknologi. Ada yang manual, semiotomatis dan bahkan sudah banyak yang full otomatis. Oleh karena kebanykan industri telah menggunakan mesin-mesin canggih yang serba otomatis, maka dibutuhkan tenaga-tenaga terampil yang menguasi teknologi tersebut. 
Mekatronika nesaba tak henti-hentinya menjalin kerjasama dengan berbagai industri sebagai upaya untuk menyalurkan lulusan nantinya. Salah satu kegiatan yang dilakukan di program keahlian teknik Mekatronika adalah melaksanakan pembelajaran langsung di dunia industri. Tujuan diadakannya kegiatan ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mengenalkan kepada peserta didik tentang dunia industri. Mulai dari proses produksi, perkembangan teknologi yang digunakan di Industri, hingga budaya kerja di industri dikenalkan sedini mungki kepada peserta didik. agar nantinya ketika sudah lulus, mereka sudah punya bekal yang cukup.
Kegiatan pembelajaran langsung di Industri kali ini dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2020 di Sidoarjo lebih tepatnya di pabrik pembuatan Mie kering, dengan merk jual Mie burung dara. Salah satu kelebihan SMK N 1 Bangil dibanding dengan SMK di daerah lain adalah lokasi SMK N 1 Bangil Sendiri yang dikelilingin oleh banyak sekali pabrik-pabrik industri. Sehingga tidak perlu jauh-jauh untuk belajar langsung ke industri. Pabrik mie burung dara bernama PT. Surya Pratista Hutama (SUPRAMA). Diikitu oleh seluruh siswa kelas 10 dan didampingi oleh bapak ibu pengajar.