Purnawiyata SMK Negeri 1 Bangil Tahun 2021 - SMK NEGERI 1 BANGIL

Purnawiyata SMK Negeri 1 Bangil Tahun 2021

 

Sabtu, 12 Juni 2021 menjadi hari yang cukup berserajah bagi siswa-siswi  kelas XII dan XIII di SMK Negeri 1 Bangil karena pada saat itu menjadi momentum bagi mereka untuk memulai langkah baru menuju dunia yang baru. Dunia itu bukan lagi dunia pendidikan sekolah menengah, melainkan dunia bagi mereka menuju tingkat kedewasaaan. Tergantung pilihan mereka menentukan jalan hidupnya. Ada yang memilih untuk melanjutkan bekerja, melanjutkan kuliah atau berwirausaha. Salah satunya adalah dunia kerja yang banyak dipilih. Dunia kerja telah menanti mereka, mereka harus siap dengan segala tantangan di dunia kerja. Yap, pada hari ini lah hari bagi mereka secara formal dinyatakan lulus dari SMK Negeri 1 Bangil.

Sembilan jurusan di SMK Negeri 1 Bangil melaksanakan prosesi wisuda dengan khidmat dan lancar, walupuan dilaksanakan ditengah-tengah masa pandemi. Pelaksanaan Protokol kesehatan yang ketat menjadi syarat wajib terselenggaranya acara yang penting ini. Panita purnawiyata telah menyiapkan segala hal yang dibutuhkan sebelum pelaksanaan pada hari H. Secara Teknis, pelaksanaan prosesi purnawiyata dilaksanakan dengan walk thru. Mengadopsi tatacara pada tenant-tenant makanan siap saji yang menerapkan drive thru, maka cara walk thru menjadi pilihan yang paling tepat agar memenuhi  protokol kesehatan yang disyaratkan dari tim satgas yang ada di Bangil Pasuruan.

Salah satu jurusan yang turut berbahagia saat itu, adalah di jurusan Teknik Mekatronika. Jurusan Teknik Mekatronika menjadi satu-satunya jurusan di SMK Negeri 1 Bangil yang memiliki lama study-nya adalah 4 Tahun. Sehingga momen kelulusan inilah yang sangat amat ditunggu-tunggu oleh mereka. Sesaat sebelum pelaksanaan wisuda purnawiyata siswa-siswi kelas XIII Teknik Mekatronika masih melaksanakan PKL di industry untuk yang gelombang kedua, dan bahkan ada beberapa siswa yang setelah melaksanakan prosesi wisuda mereka masih harus kembali ke industry untuk melanjutkan PKL. Hal ini dilakukan karena kontrak PKL mereka baru berakhir di akhir bulan Juni.

Pada Tahun 2021 ini Siswa kelas XIII Teknik Mekatronika SMK Negeri 1 Bangil berhasil meluluskan satu rombel kelas dengan jumlah siswa sebanyak 32. Sesaat setelah Wisuda, siswa Teknik Mekatronika ada yang sudah diterima di perusahaan. Salah satunya yaitu di PT Yemi yang berada di kawasan industry PIER. Siswa tersebut adalah atas nama Ridwan, Sakroni, Akhmad Hendra, Dinda, Widyastutik, dan  Novia. Hal ini membuktikan bahwa Lulusan Teknik Mekatronika sangat dibutuhkan didunia industry. Hal ini didukung dengan lulusan Teknik Mekatronika yang cukup berkualitas, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar SDM di Industri.


Penulis : Ahmad Burhanudin